Thursday, January 16, 2020

RPP 1 Lembar


Model Format RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. ....................................

Nama Satuan Pendidikan     :  SD Negeri Pedurungan Kidul 02
Mata Pelajaran/Tema            :  PAI & BP / Meyakini Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar
Kelas/Semester                     :  III / Genap
Materi Pokok                       :  Allah Maha Mendengar
Alokasi Waktu                     :  1 x 4 JP

1.  Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu:
·         Membisaakan diri selalu berhati-hati dalam berucap.
·         Meyakini Allah Swt. Maha Mendengar.
·         Menyebutkan arti Asmaul Husna as-Sami‘dengan benar.
·         Menyebutkan bukti Allah Swt. Maha Mendengar dengan benar.
·         Menyebutkan cara meneladani bahwa Allah Swt. Maha Mendengar dengan benar.
·         Menjelaskan bahwa Allah Swt. Maha Mendengar dengan benar.
·         Membaca Asmaul Husna as-Sami’ dengan benar.
·         Membaca makna Asmaul Husna as-Sami’ dengan benar.

2.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1.  Alat dan Bahan
2.1.1.   Alat   :
o   Alat perlengkapan siswa (Alat Tulis)
o   LCD Proyektor
o   Buku Pegangan Guru
o   Buku Pegangan Siswa
o   Buku Referensi yang relevan
2.1.2.   Bahan : Lembar Kerja Siswa
2.1.3.   Pertanyaan (Terlampir)
2.2.  Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku 126 dan 128 (Buku Paket Siswa)
2.3.  Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Hasil kerja kelompok : Berdiskusi Kelompok (Ayo Berlatih) Buku Paket halaman 125 dan 127
Hasil Kerja Individu : Mengumpulkan tugas mengerjakan buku paket halaman 126-128
2.4.  Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1.   Keseimpulan Pembelajaran
Meyakini bahwa Allah Swt. Mempunyai Asmaul Husna As-Sami’ yang artinya Maha Mendengar, maka dari itu kita harus mengakui keberadaan Allah SWT dengan melihat segala bukti yang sudah ada dan kita bisa membiasakan diri selalu berhati-hati dalam berucap.
2.4.2.  Penilaian
Guru melakukan penilaian tugas individu dan kelompok sesuai dengan skor penilaian yang telah ditentukan.

Semarang, ………………………
Mangetahui :                                                                     Guru PAI & BP
Kepala Sekolah


                 Rini Kustyowati F., S.Pd.                                                Rahmat Sarjito, S.Pd.I. 

                 NIP. 19640109 198802 2 001                                          NIP. –


LATIHAN SOAL !


A.      Isian  !

1.      Nama-nama baik yang dimiliki oleh Allah SWT. disebut...
2.      Nama-nama baik Allah semuanya berjumlah……
3.      Nama Allah SWT yang disebut As-Sami’ bermakna ...
4.      Hasan selalu berhati-hati dalam setiap ucapannya, karena ia yakin bahwa Allah Swt. Senantiasa …
5.      Dengan meyakini makna As-Sami’, maka akan muncul sikap ....
6.      Andini selalu mendengarkan nasehat-nasehat kedua orang tuanya dan selalu melaksanakan nasehat tersebut. Hal itu merupakan contoh penerapan sikap Asmaul Husna …
7.      Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap As-Sami’ adalah berusaha menghindari …
8.      Allah Swt. maha mendengar apa yang sudah kita ucapkan maupun yang kita batin didalam …
9.      Allah SWT tidak menyukai perkataan  
10.  Kita tidak boleh berkata bohong, karena Allah SWT bersifat …
11.  Perkataan kotor/jelek yang lirihpun akan didengar oleh Allah SWT. Karena Allah SWT bersifat …
12.  Allah selalu mendengarkan dan akan mengabulkan …..  yang dipanjatkan oleh hamba-Nya dengan sungguh-sungguh.
13.  Allah SWT maha mendengar adalah arti dari …
14.  Allah maha mendengar segala sesuatu yang ada di langit dan di …
15.  Apapun yang dikatakan manusia baik itu pelan-pelan maupun nyaring, Allah SWT tetap akan …

B.      Uraian !
1.      Apakah yang dimaksud dengan Asmaul Husna ?
2.      Apakah yang dimaksud dengan Asmaul Husna As-Sami’ ?
3.      Mengapa kita harus berhati-hati dalam berucap dan berkata-kata ?
4.      Samakah pendengaran Allah SWT dengan pendengaran manusia ?
5.      Jelaskan sikap apa yang harus kita tunjukkan dengan meyakini nama Allah “As-Sami” ?


No comments:

Post a Comment