RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Satuan Pendidikan : SDN ...........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV / Genap
Materi
Pokok : Hemat
Alokasi
Waktu : 4 X 35
Menit / 4 JP
1. Tujuan Pembelajaran
1.8 Meyakini bahwa sikap hemat
sebagai cerminan dari iman.
2.8 Menunjukkan sikap hemat
3.8 Memahami sikap hemat.
4.8 Mencontohkan sikap hemat.
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Siswa berdoa bersama dengan dipimpin oleh
salah satu siswa dengan khidmat dilanjutkan dengan melafalkan surat pendek
pilihan dalam juz Amma atau bacaan Salat.
b.
Siswa melakukan “Ice Breaking” atau
Tepuk-Tepuk tentang ke-Islaman
c.
Guru menampilkan video tentang perilaku
Hemat
d.
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi serta merangkum hal penting sebanyak mungkin
berkaitan dengan Video yang disajikan
e.
Siswa dipersilahkan maju menyampaikan
hasil dari melihat video tersebut
f.
Guru menjelaskan Materi Hemat
g.
Guru memberikan contoh perilaku hemat
h.
Guru memberikan cara berperilaku hemat
i.
Guru memotivasi untuk mempratekkan
perilaku hemat dalam kehidupan sehari-hari.
j.
Siswa bersama guru menyimpulkan materi
kemudian guru memberikan penguatan pemahaman siswa
3. Penilaian
a.
Tes
tulis : terlampir
b.
Sikap : terlampir
................., ....................
20....
Mangetahui
Guru
PAI & BP
Kepala
Sekolah
......................................... .................................................
NIP. NIP. -
Tes Tulis
- Isilah titik dibawah ini dengan benar !
1.
Membelanjakan
harta secara tidak berlebih-lebihan disebut ….
2.
Kita
diperintahkan untuk memiliki perilaku hemat, dengan demikian
kita dilarang memiliki sifat ....
3.
Orang
yang hemat dapat terlihat dari ….
4.
Seseorang
yang mempunyai sifat hemat, apabila diajak menghambur-hamburkan hartanya maka akan ....
5.
Lawan dari hemat
adalah ...
6.
di dalam QS. Al-Isra’
ayat 27, dijelaskan bahwa pemboros itu adalah saudaranya ...
7.
Sebagai
bentuk syukur atas rizki yang diberikan oleh Allah, kita tidak boleh ...
8.
Cara melatih perilaku
hemat diantaranya adalah ...
9.
Jika
kamu memperoleh uang saku yang lebih. Maka sebagiannya alangkah baiknya bisa
kamu ….
10. Sikap Hemat
tidak boleh lantas membuat diri kita menjadi orang yang ….
11. Seseorang yang
tidak berhemat bisa membuatnya …. di kemudian hari.
12. Orang yang hemat
akan berbelanja sesuai dengan ….
13. Kita tidak boleh kikir, karena sungguh harta kita adalah ..... Allah
14. Manfaat yang dapat
kita peroleh dari sikap hemat
adalah ....…
15. Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal ...
- Jawablah dengan benar dan jelas!
1.
Jelaskan
Pengertian Hemat !
2.
Sebutkan manfaat dari
gaya hidup hemat !
3.
Apa dampak negatif
dari gaya hidup boros ?
4.
Tulislah
3 contoh nyata penerapan hemat dalam kehidupan sehari-hari!
5.
Apa sikap yang akan
kamu pilih dari pernyataan “Terlalu Hemat” atau “Terlalu Boros”?? Ataukah tidak
memilih keduanya ? Sebutkan Alasannya !
Penilaian Sikap
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
Alasan
|
||
S
|
TS
|
TT
|
|||
1
|
Saya suka membeli sesuatu yang belum pernah saya punya
|
||||
2
|
Berbagi kepada teman termasuk pemborosan
|
||||
3
|
Menabung menurutku merupakan sebuah perilaku hemat
|
||||
4
|
Saya sangat suka menabung, sampai-sampai saya sering
lemas ketika di sekolah
|
||||
5
|
Menurut saya menabung sama dengan kikir
|
No comments:
Post a Comment